Pulsa termurah, bisnis internet, dealer pulsa, distributor pulsa, sms gratis, bisnis terbaik
Article

Ratusan Ekspresi Danbo

Mainan satu ini sederhana bentuknya, kotak mulai dari kepala, lengan, pinggang, hingga kaki. Kedua mata kecil dengan bibir segitiga. Namun dia dapat bergaya di depan kamera. Danbo dari Jepang ini disukai anak muda yang kreatif di Surabaya sebab asyik ketika mengutak-atiknya. Sebutan Danbo muncul dari kata Danboard, sebuah toy figure yang diambil dari komik Jepang (manga) berjudul Yotsuba&! karya Kiyohiko Azuma. Danboard bukan tokoh utama dari komik tersebut tetapi merupakan imajinasi anak kecil bernama Yotsuba tentang sebuah robot terbuat dari kardus.

Nah, mainan berupa toy figure ini diproduksi perusahaan Revoltech Kaiyodo di Jepang. Memiliki tinggi 13 cm, tokoh ini dikenal oleh fotografer dan dijadikan objek foto. Hasilnya… Danbo yang ‘hanya’ berbentuk sederhana itu menjadi istimewa saat dipotret dari sisi berbeda. Ditambah dengan aksesori atau suasana berbeda, Danbo menjadi boneka yang sanggup ‘berbicara’.

Maka, antara Danbo dan fotografi memiliki kaitan erat hingga seorang fotografer remaja perempuan dari Atlanta, Georgia, AS membuat rangkaian foto bertajuk 365 Days of Danbo.

Arielle Nadel baru saja lulus SMA dan akan berangkat kuliah. Akan tetapi, saking sayangnya dengan mainannya, dia tidak begitu saja menyimpan Danbo di loteng. Justru dia membuat kenangan dengan mengemas foto bertokoh Danbo seolah seperti manusia biasa yang memiliki emosi.

Dalam fotonya, Danbo bisa mandi, sedih di bawah guyuran air hujan, mengantar makanan, menggambar, hingga memakai masker. Nah, ragam ekspresi tersembunyi itu yang menyita perhatian remaja di Surabaya. Apalagi kedua mata mungilnya dapat bersinar ketika tombol di sisi kanan kepala ditekan.

“Kapan komunitas atau lebih tepatnya pecinta Danboard ini terbentuk mungkin tidak ada yang tahu tepatnya,” kata Thomas Hanandry Dewanto ST MT, dosen Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer (Stikomp) Surabaya.

Namun saat ini di berbagai forum dan berbagai kota sudah banyak yang menggilai mainan ini sebagai objek fotografi. Di Surabaya mungkin ada sekitar 34 orang kalau semua berkumpul untuk gathering. Mereka sebenarnya datang dari kesukaan yang berbeda.

“Ada yang suka membuat papercraft Danboard, ada yang suka membuat foto esai, sampai ada yang memperjualbelikan Danboard,” kata Thomas.

Dulu saat baru muncul sebagai toy figure, Danboard tidak semahal sekarang. Oleh karena sekarang sulit mencari mainan ini maka harganya melonjak. Bahkan saat pameran toys, ada orang yang ingin membeli mainan Danboard yang dipajang meski dikenai harga Rp 900.000.

“Akan tetapi, yang punya nggak melepasnya dan mainan ini juga sulit diperoleh di stan pameran,” ujar Istanto Yudo Pramono, penjual toys yang menyukai Danboard.

Picu Kreativitas

Kumpulan penyuka Danbo ini memiliki aktivitas rutin membuat lomba foto atau lomba papercraft Danboard yang nantinya papercraft itu juga untuk difoto. Selain pameran, aktivitas dilakukan melalui forum di internet.

“Malah sekarang Danbo jadi bahan pembicaraan di forum-forum fotografi,” imbuh Achmad Yanu, dosen Stikomp Surabaya. Mulai dari mahasiswa, fotografer, pekerja kantor, hingga dosen dalam forum itu menyukainya.

Kegiatan fotografi tentang Danboard selama ini mulai dari foto di table top hingga di-setting bersama mainan lainnya. Ada juga yang memotret Danboard-nya bersama hewan piaraan, sampai dibawa ke tempat-tempat rekreasi, kolam renang.

“Malah ada yang dijadikan eyecatcher pada foto prewedding,” kata Achmad.

Bergabung dengan komunitas ini memiliki keasyikan tersendiri. Salah satunya saat mengenakan pakaian terbuat dari kertas pada Danbo hingga menyerupai tentara, kelinci, si Unyil, dan lain-lain. Semua bergantung kreativitas.

Berbeda dengan kisah komiknya, Danbo toy figure dibuat dari plastik PVC yang bisa diartikulasi atau digerak-gerakkan. Akan tetapi, untuk keperluan modifikasi banyak orang yang membuat papercraft mainan ini dari kertas yang di-print. Apapun itu, asal mirip si kotak Danbo.  ida

Dibaca: 0 

Incoming search terms:

Related posts:

  1. Ratusan Rumah di Probolinggo Terendam Banjir
  2. Dana Hibah 73 Sekolah Nyantol
  3. Irfan Bachdim Diserbu Ratusan ABG Solo
  4. Pembangunan Jalan Tol Lenyapkan Ratusan Hektar Lahan Produktif
  5. Berbagi di Forum Komunitas (1)
  6. Acer Rilis Notebook untuk Pelajar
  7. Serempetan Motor, Pemuda Tawuran
  8. Mafia Pajak Curi Ratusan Triliun per Tahun
  9. Tabrakan KA Banjar, Tiga Penumpang Tewas
  10. Ratusan Ribu Warga Alexandria Mesir Rayakan "Hari Kemenangan"


No comments yet.

Leave a Reply